ISTILAH - ISTILAH DALAM JARINGAN

On Senin, 27 April 2015 0 komentar

                                ISTILAH - ISTILAH DALAM JARINGAN

1. CONNECTION
          Connection adalah bentuk hubungan antar unit dalam jaringan yang komunikasinya    dilakuka secara bertahap.

2. PAKET JARINGAN
          Paket jaringan adalahsatuan informasi dasar yang dapat ditransmisikan diatas jaringan atau melalui saluran komunikasi digital.

3.NETWORK  INTERFACES
         Network interfaces adalah perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer.

4. FIREWALL
         Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang menginzinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.

5. PORT
          Port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program didalam jaringan.

6. PROTOCOL
           Protocol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau yang mengizinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara 2 atau lebih titik komputer.

7. NAT (Network Address Translation)
            NAT adalah prosese dimana perangkat jaringan biasanya memberikan alamat publik komputer (atau kelompok komputer) dalam jaringan lokal.

8. VPN (Virtual Private Network)
            VPN adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat melalui jaringan publik (internet).

9. LAN (Local Area Network)
           LAN adalah suatu jaringan dimana peralatan - peralatan jaringan hardware dan software digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas.

10. WAN (Wide Area Network)
            WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, radiusnya mencakup sebuah negara dan benua.

11. INTERFACES
            Interfaces adalah suatu layanan yang disediakan sistem operasi antara pengguna dengan sistem operasi, Interfaces dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu GUI (Graphical User Interfaces) dan CLI (Command Line Interfaces).

12. SSH (SECURE Shel)
             Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan.

13. MEDIA ACCESS CONTROL
            Media Access Control adalah sebuah metode untuk mentransmisikan sinyal yang dimiliki oleh node-node yang terhubung ke jaringan tanpa terjadi konflik.

14. IP (Internet Protocol)
            IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lainnya didalam jaringan komputer.

15. ICMP (Internet Control Message Protocol)
             ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus.

16. TCP (Transmission Control Protocol)
             TCP  adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju

17. UDP (User Datagram Protocol)
             UDP  adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP  yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

18. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
             HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks.

19. FTP (File Transfer Protocol) 
            FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. 

20. DNS (Domain Name System)
           DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.
            

0 komentar:

Posting Komentar